RSS

Suri Tauladan & Uswatun Hasanah

15 Jul

Suri Tauladan & Uswatun Hasanah

Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani

 ………………………

Dan berikut ini adalah beberapa nasehat umum yang telah disampaikan oleh para ulama umat untuk para guru dan pendidik yang kami sampaikan kembali di hadapan para pembaca sekalian. Semoga kita termasuk golongan yang dapat menerima nasehat yang mengajak kepada kebaikan.

………………………

Nasehat Keempat :

Sudah sepatutnya bagi seorang pendidik untuk menempatkan dirinya sebagai tauladan yang baik bagi anak didiknya. Dan karena inilah, salah seorang pendidik negeri ini pernah mengeluarkan sebuah semboyan yang cukup baik terkait dengan konsep keteladanan dan Uswatun Hasanah. Dikatakan Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, yang kurang lebih maknanya adalah: Ing Ngarsa Sung Tulada“ (di depan, seorang pendidik harus bisa memberi teladan atau contoh tindakan yang baik, dan menempatkan dirinya sebagai Uswatun Hasanah),  “Ing Madya Mangun Karsa” (di tengah atau di antara murid, sosok seorang guru harus bisa menciptakan prakarsa dan ide, “Tut Wuri Handayani(dari belakang sosok seorang guru harus bisa memberikan dorongan, arahan, dan bimbingan).

Kenapa bisa demikian ?? Karena seorang anak didik biasanya akan sangat terpengaruh oleh gurunya, serta memiliki kecenderungan untuk mengikuti dan menirunya. Maka dari inilah, wajib bagi para pendidik untuk memperhatikan segala tingkah laku dan perbuatannya agar tidak bertentangan dengan perkataan serta nilai-nilai kebaikan yang selama ini diajarkannya. Allah `Azza Wa Jalla berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لا تَفْعَلُونَ, كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لا تَفْعَلُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat?. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. (QS. Ash-Shaf: 2-3).

Allah `Azza Wa Jalla berfirman tentang Nabi Syu’aib Alaihis salam:

… وَمَا أُرِيدُ أَنْ أُخَالِفَكُمْ إِلَى مَا أَنْهَاكُمْ عَنْهُ

إِنْ أُرِيدُ إِلا الإصْلاحَ مَا اسْتَطَعْتُ  وَمَا تَوْفِيقِي إِلا بِاللَّهِ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ أُنِيبُ

Dan aku tidak berkehendak menyalahi kamu dengan (mengerjakan) apa yang aku larang. Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku masih mampu. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepada Allah aku bertawakal & hanya kepada-Nya-lah aku kembali (QS. Hud: 88)

Seorang penyair berkata :

لا تنهَ عن خلقٍ وتأتي مثله

عارٌ عليك إذا فعلت عظيم

Janganlah melarang suatu perbuatan sementara dirimu mengerjakannya

Cela yang besar jika kau melakukan tindakan seperti  yang demikian itu

          Jadi, termasuk keteladanan disini adalah keteladanan dalam hal mengamalkan ilmu yang selama ini dimiliki dan diajarkannya. Keteladanan dalam mewujudkan ucapan dan arahan dalam sebuah tindakan yang nyata. Sehingga pengamalan ilmu bukan hanya sebatas latihan pikir atau olah akal. Lebih dari itu, pengamalan ilmu selalu ada dalam gerak hidup di setiap ruang dan waktu. Dan di sinilah ilmu tersebut akan menuai makna dan hikmah, sehingga pendidik disini dituntut bukan saja menjadi seorang yang  ‘alim, tapi lebih dari, dituntut juga untuk menjadi seorang ‘amil, yang ilmunya tadi mengantarkannya untuk semakin membuatnya dekat kepada Rabbnya. Dan mereka adalah `alim Robbani yang sesungguhnya sebagaimana firmanNya,

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ

Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha Pengampun” (QS. Fathir : 28)

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 15, 2013 in agama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: